Jumat, 31 Desember 2010

Instal Maktabah Syamilah

Apa sih Maktabah Syamilah ?  keterangan lengkap bisa lihat di pesantrenvirtual.com. Walaupun sudah download beberapa bulan lalu (dibantu temen yg kerja di salah satu ISP, secara guedhe banget filenya, hosting luar negri pula),  tapi sayang belum bisa dipakai dengan baik.
Screenshot Maktabah Syamilah
Screenshot Maktabah Syamilah
Awalnya saja pada proses instalasi, bahasanya berupa kode-kode ASCII nggak karuan. Apalagi saat sudah terinstall, gak bisa dipake soalnye tulisan-tulisannya kode ASCII semua. Padahal sudah mengaktifkan mode keyboard Arabic lho. Sudah bisa nulis-nulis huruf Arab.
Ternyata saudara-saudara, ada step yang kurang dikit.  Berikut langkah-langkahnya (pada Windows XP) :
  • Siapkan CD Windows XP, untuk menginstall file driver yg diperlukan nanti.
  • Mengaktifkan mode keyboard Arabic (pada keyboard biasa / English-US), masuk ke Control Panel -> Regional and Language Options -> klik tab Languages -> lalu “Contreng” pada Install Files and Right-to-left Languages (kyk pemilu aje “contreng”) :P 
  • Mengaktifkan non-Unicode Program untuk menampilkan menu dan dialog dalam program dalam bahasa aslinya. Caranya pindah ke tab Advanced -> Pilih Arabic (Saudi Arabia). Ini dia step yang kurang itu. Hehehe.
  • Tekan OK deh.
Jadi saya install ulang lagi tuh Maktabah Syaamilah-nya, tapi versi yg mini aja. Download dulu program Mini Syamilah di sini .
Kemudian download buku yang di-inginkan di :
Buku tersebut berupa file ber-extension bok (.bok) dan langsung bisa dibaca dengan mendouble-klik file tersebut.
Terimakasih kepada mas Faruuq Tri Fauzi yang membuatkan panduan , btw ada langkah yang saya skip karena tidak terlalu dibutuhkan. Nice tutorial anyway.

0 komentar:

Posting Komentar

Ingat................!

Pengetahuan tidaklah cukup; kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup; kita harus melakukannya.