Senin, 10 Januari 2011

Zakat Fitrah

ZAKAT FITRAH

A. Pengertian
Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.
B. Yang Wajib mengeluarkan zakat
Pada prinsipnya seperti definisi di atas, setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya , keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggungannya baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita. Berikut adalah syarat yang menyebabkan individu wajib membayar zakat fitrah:
• Individu yang mempunyai kelebihan makanan atau hartanya dari keperluan tanggungannya pada malam dan pagi hari raya.
• Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadan dan hidup selepas terbenam matahari.
• Memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadan dan tetap dalam Islamnya.
• Seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadan.
C. Besar zakat yang dikeluarkan
Besar zakat yang dikeluarkan menurut para ulama adalah sesuai penafsiran terhadap hadits adalah sebesar satu sha' atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.5 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi'i dan Maliki)[1]
D. Waktu pengeluaran zakat fitrah
Zakat Fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan Salat Ied. Jika waktu penyerahan melewati batas ini maka yang diserahkan tersebut tidak termasuk dalam kategori zakat melainkan sedekah biasa.
E. Yang berhak menerima zakat
Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan/asnaf (fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, ibnu sabil) namun menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin. Pendapat ini disandarkan dengan alasan bahwa jumlah/nilai zakat yang sangat kecil sementara salah satu tujuannya dikelurakannya zakat fitrah adalah agar para fakir dan miskin dapat ikut merayakan hari raya.
Diriwayatkan dari Hisyam bin urwah dari ayahnya dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. bersabda : Tangan di atas (memberi dan menolong) lebih baik daripada tangan di bawah (meminta-minta), mulailah orang yang menjadi tanggunganmu (keluarga dll) dan sebaik-baik shadaqah adalah yang di keluarkan dari kelebihan kekayaan (yang di perlukan oleh keluarga) (H.R : Al-Bukhary dan Ahmad)
F. Hikmah zakat fitrah
Di antara hikmah disyari'atkannya zakat fitrah [2] adalah:
1. Zakat fitrah merupakan zakat diri, di mana Allah memberikan umur panjang baginya sehingga ia bertahan dengan nikmat-l\lya.
2. Zakat fitrah juga merupakan bentuk pertolongan kepada umat Islam, baik kaya maupun miskin sehingga mereka dapat berkonsentrasi penuh untuk beribadah kepada Allah Ta'ala dan bersukacita dengan segala anugerah nikmat-Nya.
3. Hikmahnya yang paling agung adalah tanda syukur orang yang berpuasa kepada Allah atas nikmat ibadah puasa. (Lihat Al Irsyaad Ila Ma'rifatil Ahkaam, oleh Syaikh Abd. Rahman bin Nashir As Sa'di, hlm. 37.)
4. Di antara hikmahnya adalah sebagaimana yang terkandung dalam hadits Ibnu Abbas radhiAllahu 'anhuma di atas, yaitu puasa merupakan pembersih bagi yang melakukannya dari kesia-siaan dan perkataan buruk, demikian pula sebagai salah satu sarana pemberian makan kepada fakir miskin.

Tayamum

BAB TAYAMUM
A. Pengertian Tayamum
Tayamum secara istilah adalah mengusapkan debu pada wajah dan kedua tangan dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.
Tayamum dibolehkan bagi orang yang berhadats kecil maupun besar. Karena ada firman Allah :
وان كنتم مرضى او على سفر او جاء احد منكم من الغائط او لامستم النساء فلم تجدوا ماء فتيمموا صعيدا طيبا

B. Sebab-sebab Tayamum
1. Tidak ada air
Yang dimaksudkan tidak ada air adalah :
a. Yakin bahwa disekitarnya tidak ada air, maka tidak perlu mencari.
b. Ragu antara ada dan tidaknya, maka dia wajib mencari terlebih dahulu.
c. Airnya digunakan untuk memberi minum hayawan yang dimuliakan yang kehausan. Adapun hewan yang tidak dimuliakan adalah orang yang meninggalkan shalat dan tidak mau bertaubat, murtad yang tidak mau kembali masuk islam, orang yang zina muhshon, kafir harbi, anjing dan babi.
d. Ada air, akan tetapi tempatnya jauh dan jika mencarinya maka kehabisan waktu shalat.
e. Ada air, akan tetapi jalan untuk mencapainya berbahaya seperti banyak binatang buas, perampok
f. Disekitarnya ada air, tetapi tidak ada alat untuk mengambilnya.
g. Ada air, akan tetapi harganya sangat mahal, sehingga tidak mampu membelinya.
Catatan : jika seseorang memiliki air atau menemukan air, akan tetapi hanya cukup untuk sebagian anggota wudhu, maka dia harus wudhu dan selebihnya dia tayamum.

2. Sakit yang menurut dokter tidak boleh terkena air, dikarenakan membahayakan jiwanya.
Sakit ada 3 macam bentuknya :
a. Sakit yang jika kena air ditakutkan nyawanya hilang, atau sebagian tubuhnya hilang, atau kemanfaatan anggota tubuhnya hilang, atau jika terkena air tubuhnya menjadi sakit, maka boleh tayamum.
b. Sakit yang jika terkena air akan menjadi tambah parah atau menjadi tambah tidak sembuh, atau seorang pelayan/pengawal presiden yang jika wajahnya terkena air akan timbul bintik-bintik hitam yang lama-kelamaan bisa merusak wajahnya, maka boleh tayamum.
c. Sakit yang hanya sedikit seperti luka yang jika terkena air terasa pedih, tapi cuma sebentar, bekas jerawat yang pecah, atau kedinginan dan lain-lain. Jika tidak dikhawatirkan merusak tubuhnya atau berbahaya bagi nyawanya, maka tidak boleh tayamum.
C. Syarat-syarat Tayamum
1. Memakai debu murni yang suci
2. Debunya tidak musta’mal
3. Debunya tidak bercampur dengan tepung atau yang lain.
4. Mengusap wajah dan tangan dengan dua pukulan.
5. Najis harus dihilangkan terlebih dahulu
6. Sebelum Tayamum mencari arah kiblat terlebih dahulu.
7. Harus sudah masuk waktu shalat.
8. Tayamum hanya berlaku untuk satu fardhu dan bisa untuk shalat sunat, baca Al-Quran, shalat jenazah, dll.
D. Rukun-rukun Tayamum
1. Memindahkan debu
2. Niat Tayamum
3. Mengusap wajah dengan satu pukulan
4. Mengusap kedua tangan sampai siku dengan satu pukulan
5. Tertib.

Niat Tayamum :
نويت التيمم لاستباحة فرض الصلاة لله تعالى
E. Hal-hal yang membatalkan tayamum
1. semua yang membatalkan wudhu
2. Melihat air sebelum selesai shalat
3. Murtad.
F. Sunat-sunat Tayamum
1. Tasmiah
2. Mendahulukan wajah dan tangan sebelah kanan.
3. Merenggangkan jari-jari
4. Meniup debu dari telapak tangan agar tidak terlalu tebal.
5. Melepas cincin pada pukulan pertama, akan tetapi wajib pada pukulan kedua.

Cara tayamum
1. Tempelkan kedua tangan ke debu yang ada di tanah, dinding, atau apa aja yang mengandung debu. Tiup telapak tangan bila debu terlalu tebal.
2. Ucapkan niat tayamum
3. Usapkan tangan yang sudah ada debunya ke wajah, dengan cara sebagai berikut :
Tangan kanan mengusap wajah bagian kanan, tangan kiri mengusap bagian wajah yang kiri
4. Tempelkan lagi kedua tangan ke debu ditempat yang berbeda dari yang tadi.
5. usapkan telapak tangan ke tangan kanan dan kiri, dengan cara :
Letakkan punggung tangan kanan ke atas telapak tangan kiri, tarik tangan kiri kea rah siku, lalu putar dan usap tangan sebelah atas hingga ketemu ibu jari. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk tangan kiri.

Keterangan lebih jelas silakan buka kitab Fathul Wahab, Muhazzab, pasholatan, Kifayatul Akhyar, Bidayatul Mujtahid.

Talqin mayit

BAB TALQIN MAYIT

A. Pendahuluan
Kematian atau ajal pasti akan datang kepada setiap insan. Setiap yang mempunyai ruh akan merasakan kematian. Allah berfirman :
كل نفس ذائقة الموت
Artinya: Setiap yang mempunyai jiwa akan merasakan mati, (QS. Ali Imran: 185)
Setiap orang tidak akan pernah tahu kapan ajal menjemputnya, ajal bisa saja datang saat kita sedang di rumah, sekolah, jalan, sawah, dan lain sebagainya. Bahkan bisa saja saat kita sedang tidur nyenyak dan kita tidak tahu kalau ini adalah tidur terakhir kita yang tidak akan pernah bisa bangun kembali ke alam dunia. Maka dari itu setiap saat kita dituntut untuk selalu bertaubat kepada Allah, lebih-lebih lagi saat kita sedang sakit. Setiap saat kita juga dianjurkan untuk selalu ingat kepada kematian agar kita selalu bertaubat dan beramal sholeh sehingga saat ajal datang kita sudah siap menerimanya.
Hadits Rosulullah SAW. :
أكثروا من هاذم اللذات يعنى الموت (رواه الترمذى وابن حبان والحاكم)
B. TALQIN
Talqin artinya mengajarkan, menuntun. Talqin mayit berarti mengajarkan atau menuntun mayit dengan perkataan-perkataan. Talqin ada dua macam :
1. Pada saat sakaratul maut
2. Pada saat selesai dikubur
Talqin saat sakaratul maut
Saat seseorang jatuh sakit yang kemungkinan tidak ada harapan lagi untuk sembuh dan sehat lagi, maka dianjurkan untuk membaca do’a, memperbanyak membaca Al-Quran, Zikir, taubat, menunaikan hak-hak adam yang belum terlaksanakan misalnya mengembalikan pinjaman, titipan, membayar hutang, dll., meminta maaf dan keihklasan kepada semua keluarga, anak-anaknya, tetangga dan teman-temannya. Dianjurkan juga untuk berwasiat kepada istri/suami serta anak-anaknya.
Kita sebagai keluarga, tetangga, atau teman dianjurkan untuk membaca ayat-ayat roja’ dan ayat-ayat rohmat dihadapannya. Dan menasehati untuk slalu sabar.
Adapun do’a bagi orang sakit yang kemungkinan tidak ada harapan lagi untuk sembuh adalah :
اللهم اعنى على غمرات الموت وسكرات الموت. اللهم اغفرلى وارحمنى والحقنى بالرفيق الأعلى.
Tanda-tanda kebahagiaan ketika orang mati anatara lain:
1. Dahi berkeringat
2. Keluar air mata
3. Hidung kencang/keras
Tanda-tanda kesengsaraan ketika orang mati antara lain :
1. Mendengkur seperti dengkuran unta yang tercekik
2. Kedua tepi mulutnya mengeluarkan busa
3. Wajah dan tubuhnya pucat
Ketika seseorang sakaratul maut maka dia bergelut dengan rasa sakit yang melebihi dari 1000 kali sabetan pedang, rasa haus yang tidak bisa sembuh sehingga dia sangat membutuhkan pertolongan. Pada saat ruh seseorang sudah naik sampai ke kerongkongan maka setan-setan datang dengan menyerupai ibu bapaknya, anak-anaknya, suami/istrinya atau siapa saja yang dicintainya. Setan tersebut berniat untuk menggodanya agar dia tidak mati islam. Disaat inilah kita sebagai keluarga, saudara, teman harus menolongnya/mentalqinnya agar kalimat yang terakhir diucapkan adalah kalimat tauhid, karena rasulullah bersabda:
من كان آخر كلامه لا اله الا الله دخل الجنة
Dan jika Allah menghendaki hambanya mendapatkan petunjuk maka malaikat Jibril akan datang kepadanya untuk mengusir setan-setan yang ada didekatnya, kemudian malaikat Jibril mengusap wajahnya yang pucat sehingga dia tersenyum, dan lisannya mengucapkan dua kalimat syahadat.
Kita hendaknya slalu menjaga orang yang lagi sakaratul maut, memperbanyak membaca surat Yasin dengan keras dan surat Ar-Ro’du dengan pelan. Surat Yasin fungsinya untuk menenangkan dan surat Ar-Ro’du fungsinya untuk memudahkan ruh keluar.
Cara mentalqin orang yang sakaratul maut adalah:
1. Hadapkan wajahnya ke arah kiblat, itu pun kalau bisa
2. Kita duduk di dekat kepalanya
3. Dekatkan mulut kita ke telinganya
4. Kemudian tuntunlah ia slalu dengan kalimat لا اله الا الله dengan pelan-pelan
5. Jika ia sudah mengucapkan satu kali maka kita jangan mengulanginya lagi, karena ditakutkan dia malah mengucapkan kata-kata yang lain.
6. Hendaknya yang mentalqin bukan ahli waris, musuh, orang yang hasad.
7. Hendaknya yang ada di dekatnya selalu zikir dan berkata-kata yang baik.
Jika orang yang sakaratul maut sudah mati maka :
1. Pejamkanlah matanya sambil mengucapkan doa :
بسم الله وعلى ملة رسول الله صلى الله عليه وسلم, اللهم اغفرله وارحمه وارفع درجته فى المهديين, وافسح له فى قبره ونور له فيه.
2. Berilah sesuatu pada dagunya agar mulutnya tidak membuka.
3. Lemaskanlah jari-jari dan persendiannya
4. Melepaskan pakaiannya kemudian diganti dengan kain yang lembut dan ringan.
Cara mentalqin orang yang sudah mati
Setelah orang yang mati selesai dikubur maka disunnahkan untuk mentalqinnya. Adapun caranya kita duduk disamping kubur bagian kepala kemudian membaca talqin 3 kali :
الحمد لله الذى لايبقى الا وجهه ولايفنى الا خلقه.
يافلان ابن فلانة, يافلان ابن فلانة, يافلان ابن فلانة
اذكر ما خرجت عليه من الدنيا شهادة أن لا اله الا الله وان محمدا رسول الله وانك رضيت بالله ربا وبالإسلام دينا وبمحمد صلى الله عليه وسلم نبيا وبالقرآن اماما.
ونستودعك الله. اللهم لقنه حجته ولاتفتنا بعده واغفرلنا وله يارب العالمين سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين.
Daftar Pustaka: Kitab Nihayatu Zain, Fathul Wahab, Pasholatan

Minggu, 09 Januari 2011

SYIIR KUBUR

Syiir Kubur


Alhamdulillah pemuji kito
Rahmat lan salam ing Nabi kito
Soho ahline poro sohabat
Kang podo manut Nabi Muhammad
Puniko syiir isi pitutur
Sinten kang ngagem kawulo syukur …2x
Bapak lan ibu kabeh dulurku
Podo elingo ing pangeranmu
Kanthi netepi agomo islam
Tindak kang olo kapok kang tenan
Tindak kang becik podho di udi
Perlu ginawe sanguine mati…2x
Sanguine mati iku ngamalmu
Dudu tumpukan bondo dunyamu
Najan naliko golek’e bondo
Hinggo ngrewangi ngorbanke jiwo
Numpuke bondo ora netepi
Coro agomo bakal nglaknati…2x
Bapak lan ibu podo elingo
Arep matimu nglakoni opo
During matimu iku sekarat
Banget larane tan biso sambat
Akeh dulurmu podo nunggoni
Kiwo tengenmu do mbrebes mili…2x
Lamun wus terang yen mati siro
Banjur do bingung nangisi siro
Siro dikrukupi terus di dusi
Banjor dibuntel putihan mori
Akeh dulurmu kang podo teko
Perlu ngormati budalan iro…2x
Tekan kuburan siro dibopong
Dilebokake papan kang growing
Sak wise rampung dulurmu bali
Perlu nuruti senenge ati
Ono kuburan siro mung tompo
Tompo ganjaran utowo sikso…2x
Anak bojomu kang ono ngomah
Podo rebutan bondo lan omah
Lamun ono kang ora trimo
Dadi urusan dadi suloyo
Ngrewangi ragat watone menang
Najan akhire ora keduman…2x

Sekian…




Syiir Kubur


Alhamdulillah pemuji kito
Rahmat lan salam ing Nabi kito
Soho ahline poro sohabat
Kang podo manut Nabi Muhammad
Puniko syiir isi pitutur
Sinten kang ngagem kawulo syukur …2x
Bapak lan ibu kabeh dulurku
Podo elingo ing pangeranmu
Kanthi netepi agomo islam
Tindak kang olo kapok kang tenan
Tindak kang becik podho di udi
Perlu ginawe sanguine mati…2x
Sanguine mati iku ngamalmu
Dudu tumpukan bondo dunyamu
Najan naliko golek’e bondo
Hinggo ngrewangi ngorbanke jiwo
Numpuke bondo ora netepi
Coro agomo bakal nglaknati…2x
Bapak lan ibu podo elingo
Arep matimu nglakoni opo
During matimu iku sekarat
Banget larane tan biso sambat
Akeh dulurmu podo nunggoni
Kiwo tengenmu do mbrebes mili…2x
Lamun wus terang yen mati siro
Banjur do bingung nangisi siro
Siro dikrukupi terus di dusi
Banjor dibuntel putihan mori
Akeh dulurmu kang podo teko
Perlu ngormati budalan iro…2x
Tekan kuburan siro dibopong
Dilebokake papan kang growing
Sak wise rampung dulurmu bali
Perlu nuruti senenge ati
Ono kuburan siro mung tompo
Tompo ganjaran utowo sikso…2x
Anak bojomu kang ono ngomah
Podo rebutan bondo lan omah
Lamun ono kang ora trimo
Dadi urusan dadi suloyo
Ngrewangi ragat watone menang
Najan akhire ora keduman…2x

Sekian…

BIODATA PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH

BIODATA PODOK PESANTREN
FADLUN MINALLOH
WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA


1. UMUM
1. Nama : PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH.
2. Alamat : Womkromo I, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta.
3. Tahun Berdii : Tahun 1987
4. Pendiri : Bapak KH. Muhammad Katib Masyhudi.

2. KEPENGURUSAN
1. Pimpinan Pondok
 Nama : KH. Muhammad Katib Masyhudi
 Tempat/ tanggal lahir : Klaten, 27 April 1964
2. Alamat : Wonokromo I, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta 55791
2. Tenaga Pengajar :
3. Pengurus :

3. SANTRI
A. Santri Mukim ( Data Terlampir)
1. Jumlah : 102 orang
 Laki – laki : 52 orang
 Putri : 50 orang
2. Kelompok Usia
 SLTP/ MTs : 24 orang
 SMU/ MA/ SMK : 25 orang
 MAHASISWA : 13 orang
 Lain-lain : 40 0rang
3. Kelompok Asal
 DIY : 32 orang
 Luar DIY : 70 orang
B. Santri non Mukim
1. Jumlah : 100 orang
 Laki-laki : 55 orang
 Perempuan : 45 orang
Semua santri putra-putri merupakan putra-putri dan penduduk desa setempat yang berasal dari desa Wonokromo, Pleret, Ponggok, Blawong dan sekitarnya. Berusia sejak 10 th – usia lanjut.
C. Jumlah Keseluruhan Santri : 202 orang
 Laki-laki : 102 orang
 Perempuan : 100 orang

4. PROGAM PENGAJARAN

No. Kelas Pelajaran Pengampu
1. ’Ulya Praktik baca kitab kuning Semua Ustadz
2. Wustho Teori dan praktik nahwu shorof Semua Ustadz
3. Mubtadiin Teori nahwu shorof KH. Muh. Katib Masyhudi
Ust. Muh. Ari Wibowo
Ust. Suharto
4. Umum 1. Al – Qur’an
2. Ushul Fiqih
3. Hadits Ust. Yasin Syafi’iAzami (putra)
Nyai Hj. Nur Nadhifah ( putri)






















DATA TENAGA PENGAJAR

No. Nama Tempat/ Tanggal Lahir Alamat Bidang Studi
1. KH. M. Katib Masyhudi Klaten, 27 April 1964 Wonokromo I, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta - Nahwu Shorof
- Usul Fiqih
- Tasawuf
- Hadits
- Fiqih
- Al-Qur’an-
2. Muh. Ari Wibowo Purworejo, 18 Juli 1983 Mulyajaya, Nibung, Musi Rawas, Sum-Sel.
3. Suharto Palembang, 16 Maret 1982 Setiajaya, Sungai Keruh, Sekayu Muba, sum-Sel.
4. Suko Sujarwo Bantul, 16 April 1980 Nduku, Jambidan, Banguntapan, Bantul.
5. Yasin Syafi’I Azami Klaten, 14 Januar 1986 Tempelrejo, Kanoman, Kr.nongko, Klaten.
6. Aris Widada Klaten, 11 Agustus 1984 Wonorejo, Ngemplak, kr.nongko, Klaten.
7. Nyai Hj. Nur Nadhifah Bantul, 28 Maret 1971 Wonokromo I, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta - Al-Qur’an
- Fiqih-

Ingat................!

Pengetahuan tidaklah cukup; kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup; kita harus melakukannya.